SPKLU Fast Charging

Beralasan Fajri (38 tahun) di Bintaro, Tangerang Selatan, Provinsi Banten mengincar mobil listrik. “Saya bisa berkendaraan ramah lingkungan serta bebas polusi,” ujar pengusaha itu. Fajri mengincar Hyundai Kona yang diluncurkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada November 2020.

Mobil listrik bernuansa Sport Utility Vehicles (SUV) itu dijual sekitar Rp 674 juta. Dalam sekali pengisian daya sekitar 54 menit memakai fast charging, jarak tempuh Hyundai Kona mencapai 345 Km. “Aman untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota,” ujar pria berkantor di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan itu.

Beruntung, tak jauh dari kantor ayah 1 anak tersebut, PT Pertamina membuka gerai pertama Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan. SPKLU yang diresmikan bertepatan hari ulang tahun ke-63 Pertamina itu merupakan inovasi Pertamina dalam menyokong pemakaian energi bersih dan energi terbarukan di tanahair.

SPKLU Fast Charging itu dipersenjatai sejumlah tipe alat pengisian daya dengan standar Eropa maupun Jepang, seperti gun CCS2 (Eropa), Chademo (Jepang), serta 65 kW AC berupa 43 kW plug AC tipe 2 dan 22 kW inlet AC tipe 2. Dua yang disebut terakhir, dipakai saat ini pada kendaraan listrik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *