Subur Berkat Kompos Kulit Bawang

Adrian di Petojo Selatan, Jakarta Pusat senang mencoba-coba komposisi media untuk aneka sayuran. Salah satu eksperimennya adalah memakai media tanam kombinasi kompos aneka kulit bawang serta sekam (3:1) untuk menanam pakcoi.

Hasilnya? Komposisi media itu membuat pakcoi tumbuh lebih subur. “Daun lebih lebar dan warna daun hijau cenderung pekat,” ujar pria 35 tahun itu. Adrian membuat kompos itu dengan membenamkan kulit-kulit bawang di lubang tanah selama 2,5 bulan.

Tak hanya Andrian, riset Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta (BPTP) di Pasarminggu, Jakarta Selatan juga memperlihatkan keunggulan komposisi media tanam kompos kulit bawang dan sekam tersebut. Balai itu khusus memakai kulit bawang merah untuk diolah menjadi kompos.

Penelitian itu menunjukkan pertumbuhan bibit pakcoi memakai media tanam dengan komposisi 75% kompos kulit bawang merah dan 25% sekam memberi efek pertumbuhan bibit optimal dengan persentase sebesar 71,80%. Pada bibit cabai keriting, persentasenya jauh lebih tinggi mencapai 93,60%. Parameter pengukuran adalah pertumbuhan tinggi tanaman serta jumlah daun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

94 − = 84