Beternak Kodok Lembu di Kolam Kering

Sihlakan Like Official Fanpage kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan inovatif seputar peternakan serta peluang usaha agribisnis lainnya.

kodok-lembuKodok lembu ternyata bisa diternakkan tanpa kolam alias sistem kering. Sudah begitu memelihara kodok sistem kering lebih singkat 6–10 hari dibandingkan sistem basah. Yang menarik masa pemeliharaan selama 101 hari bisa menghasilkan bobot panen hingga 500–600 gram per ekor dengan tingkat keseragaman ukuran di atas 90%.

Sejatinya kodok lembu yang berasal dari Amerika Utara masuk ke tanahair pada 1980. Disebut kodok lembu di Indonesia lantaran suaranya seperti lembu. Nah Rana catesbeiana tersebut memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan kodok-kodok asli Indonesia seperti mudah beradaptasi dengan lingkungan, berukuran lebih besar, cepat tumbuh, dan tidak tergantung kepada pakan alami sehingga dapat diberikan pakan pelet. Nah selama ini kodok lembu memang dipelihara menggunakan sistem basah.

Kolam sistem kering mirip lahan cabai dengan guludan dan parit. Seluruhnya diplester dan sekelilingnya dipagari. Nah kodok-kodok lembu itu nanti akan beristirahat di bedengan, dan bila mau baru masuk ke air di parit. Hal itu berbeda dengan pemeliharaan di kolam basah yang seluruh kodok terendam di dalam air.

guludanDesain kolam kering umumnya berukuran 6 m x 8 m. Di dalamnya dibuat 3 guludan selebar 140 cm mengikuti panjang kolam. Tinggi guludan sekitar 25 cm. Jarak antarguludan 50 cm yang sesungguhnya merupakan parit sedalam 25–30 cm. Desain parit dibuat agak miring untuk memudahkan saat membuang lumpur. Wadah pakan dari pipa PVC dibenamkan diseperempat dari lebar guludan. Panjangnya mengikuti panjang kolam. Jadi di setiap guludan terdapat satu wadah pakan.

Berikutnya untuk menghindari panas terik matahari, atas kolam dapat ditutup memakai paranet 40% sehingga sinar matahari yang masuk ke dalam kolam masih sekitar 60%. Kolam seluas 6 m x 8 m dapat diisi sekitar 5.400 percil alias anak kodok dengan bobot 7–8 gram per ekor (fase pembenihan). Nah dengan populasi besar itu, kepadatan kodok setiap 10 hari dikurangi hingga pada masa panen dari pembesaran kodok lembu, setiap ¬†kolam kering hanya berisi 125 kodok lembu berbobot 500–600 gram. ¬†Andai seluruh percil dibesarkan dibutuhkan sekitar 40 kolam masing-masing berukuran 48 meter persegi.

Sihlakan Like Official Fanpage kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan inovatif seputar peternakan serta peluang usaha agribisnis lainnya.

Share and Enjoy

8 Responses to Beternak Kodok Lembu di Kolam Kering

  1. Mantep bget tuh kodok

  2. dimana saya bisa melihat sistem peternakan kering kodok lembu tersebut?

  3. Mohon foto alami kolam kerinnya seperti apa…bukan sketsanya nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>