Khasiat Tersembunyi Daun Mangga

mangga-1

Bicara mangga tidak hanya sekedar berbicara buahnya saja. Bagian lain dari tanaman anggota keluarga Anacardiaceae itu seperti daun ternyata memiliki khasiat dan manfaat lain.

Daun mangga diketahui mengandung senyawa bioaktif mangiferin, polifenol, dan triterpenoid. Senyawa mangiferin, misalnya, itu sudah terbukti secara praklinis sebagai sumber antioksidan kuat, peluruh lemak, penyembuh luka, antipenuaan, dan antidiabetes.

Nah peran daun mangga sebagai antidiabetes cukup besar, terutama pada diabetes tingkat 2 mengingat mangiferin dapat menstimulus pelepasan insulin di tubuh. Hasil riset memang menunjukkan ekstrak air daun mangga memiliki aktivitas hipoglikemik sehingga mengurangi penyerapan glukosa di usus. Itulah sebabnya di beberapa masyarakat di Afrika mengonsumsi air daun mangga untuk penyakit gula.

Banner-kapsul-bawang-dayakSenyawa mangiferin juga diketahui menunjukkan aktivitas menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit seperti Bacillus pumilus, B. cereus, Staphylococcus aureus, S. citreus, Escherichia coli, Salmonella Agona, dan Klebsiella pneumoniae. Yang disebut terakhir merupakan penyebab radang paru-paru.

Menariknya lagi aktivitas mangiferin juga dapat menghambat perkembangan cendawan seperti Thermoascus aurantiacus, Trichoderma reesei, Aspergillus flavus, dan A. fumigatus.

Bukan hanya daun, ekstrak kulit batang mangga juga memperlihatkan kemampuannya secara signifikan menghambat laju perkembangan sel kanker payudara MCF 7, MDA-MB-435 dan MDA-N, serta sel kanker usus besar (SW-620).

Riset Nunes Selles AJ dari Centro de Química Farmacéutica di Kuba memakai hewan percobaan memperlihatkan mangiferin dalam kulit batang mangga mampu memaksa sel-sel leukimia K562 tersebut mengalami apoptosis atau program penghancuran sel-sel kanker. Oleh sebab itu mangiferin berpeluang besar menjadi agen kemopreventif pada penderita kanker.

25 Responses to Khasiat Tersembunyi Daun Mangga

  1. Terimakasih, mari kita bersama memanfaatkan sumber plasma nutfah kita secara bijaksana. Salam bebeja

  2. avatar sutrisno sidoarjo

    baru kali ini saya dpt pengatahuan tentang khasiat daun mangga.
    trims

  3. Terima kasih atas informasinya. Mohon klo ada dan bisa, sekalian dijelaskan cara memakainya/mengolahnya bila digunakan sebagai obat herbal. Ditunggu………..
    Salam.

    • Untuk konsumsi sendiri, cara membuatnya rebus 7 lembar daun mangga yang muda (hijau muda) dengan 3 gelas air. Sisakan 1 gelas dan diminum. Setiap kali membuat gunakan daun mangga baru. Salam bebeja

  4. Mohon info tentang penyembuhan hepatitis B ya om bebeja.

    • Beberapa riset secara klinis membuktikan kurkumin pada rimpang temulawak atau kunyit efektif menyembuhkan hepatitis. Kami menyarankan untuk membeli biang kunyit, lantas mengonsumsinya setiap hari. Caranya 2-3 biang kunyit diblender bersama 2 gelas air panas. Buang ampasnya, minum air ekstrak kunyit itu setiap 2 hari. Salam Bebeja

  5. saya ada keluhan.nyeri pada tulang pinggul.setiap kali bangun tidur terasa sakit sekali.tpi anehnya cuma yang kanan saja

    • Pada umumnya nyeri bisa disebabkan posisi tidur, kasur yang tidak rata (umumnya yang menggunakan kasur kapuk) ataupun batal. Pastikan ke dokter dahulu. Biar diketahui penyebabnya.

      salam

      bebeja.com

  6. Smua daun mangga bs d jdkn obat atau jenis daun mangga trtentu saja yg bisa.. Soalny beda daerah beda jenis mangga ny..

    Bls d email saya yaa…Trmksh,
    slm bebeja…

    • Daun mangga yang dimaksud berasal dari jenis Mangifera indica. Jenis ini umum ditanam seperti mangga manalagi, okyong, arumanis, namdokmai, gedong gincu, dan lainnya. Salam bebeja.

  7. Mohon infonya utk mengobati wasir mas..?dan cara pengobatanya terimakasih..

  8. Ilmu yang bermanfaat.

  9. Sangat beguna, apalagi jaman sekarang sakit itu mahal, klu masuk rmh sakit ga ada ug tinggal mati aja

  10. Mohon infonya buat sakit asma.tks

  11. Terimakasih infonya, sangat berguna. Salam bebeja! Izin share.

  12. Tolong dijelaskan cara membuat ramuan dari batang kulit mangga untuk kanker. Mohon infonya. Terimakasih.

    • Ambil batang kulit mangga berukuran sekitar 10 cm x 10 cm dengan menyayat hingga ke dekat kambium batang. Potong ukuran dadu. Keringkan dengan cara menjemurnya selama 1-2 hari untuk mencegah cendawan. Pemakaian dengan cara merebus 7-10 potong kulit tersebut bersama 2 gelas air hingga tersisa segelas. Minum sehari sekali. Ampas kulit masih dapat dipakai untuk 3-4 hari konsumsi dengan menambahkan 2-3 potong kulit mangga baru. Salam bebeja

  13. Keluhan saya sering bersin-bersin pada pagi hari dan keluar ingus disertai kepala pusing dan badan pegal. Hal ini sangat mngganggu aktivitas dan terjadi hampir tiap hari. Mohon solusinya. Apakah daun mangga ini bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan kasus saya? Terimakasih.

    • Daun mangga bisa menjadi alternatif penyembuhan. Namun kami memiliki kasus serupa dengan Anda dan terbantu kesembuhannya setelah mengonsumsi rutin kapsul bawang dayak. Anda bisa menghubungi Customer Support kami di 081382175429 (SMS dan WA) bila berminat. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1