Susu Kambing Sembuhkan Asma

Asma yang mendera Johan (35) sejak balita belakangan sering kambuh. Pencetus asma pria pehobi kaos di Jakarta Selatan itu adalah debu. Setiap kali terpapar debu, Johan merasa terganggu, nafasnya tersengal-sengal.

Cara mengatasi selama ini dengan menghirup obat semprot asma 2-3 kali sehari. Sayang pemakaian obat semprot asma itu mulai tidak manjur. Saat kambuh lagi, Johan mendatangi Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit untuk menjalani penguapan alias nebulizer. Pascauap itu kondisinya membaik.

Sejatinya, asma Johan akibat alergi. Saat asma datang karena sistem kekebalan menurun, maka terjadi penyempitan saluran pernapasan yang menghambat udara keluar dari paru-paru. Atas saran kerabat, Johan pernah mencoba menyantap hati kelelawar. Namun, kesembuhan belum juga terlihat. “Asma masih sering kambuh dan sering ke rumahsakit,” katanya.

Pada Oktober 2013, rekan lain menyarankan Johan meminum susu kambing. Johan lantas memesan 5 liter susu kambing dari Bogor, Jawa Barat. Sekali minum, Johan menghabiskan segelas susu dengan frekuensi 3 kali sehari. Efeknya mulai terlihat pada 1,5 bulan pertama. Saat berada di tempat berdebu, napasnya tidak lagi tersengal-sengal. Selepas 2,5 bulan, asma itu sangat jarang kambuh.

Susu kambing obat asma? Peran susu kambing sebenarnya meningkatkan daya tahan tubuh. Harap mafhum, susu kambing berlimpah mineral penting yang berfaedah bagi tubuh seperti magnesium, klorida, dan selenium.

Susu kambing juga seringkali dikaitkan dengan asma karena alergi susu sapi. Bila seseorang alergi susu sapi, ia juga alergi dengan gula atau protein susu sapi yang kadarnya mencapai 4,7%. Susu kambing hanya mengandung 4-4,1% gula laktosa, sehingga masih ditolerir bagi penderita alergi laktosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *