Kombinasi Cabai Dan Ikan Nila

Sepetak lahan cabai itu seperti berteman dengan kolam ikan nila yang terpisah jarak tak sampai 2 meter. Kolam nila tersebut selain menjadi lokasi pembesaran nila, juga mengontrol pemakaian pestisida pada penanaman cabai.

Itulah aplikasi agri-aqua system yang kini dikembangkan di Thailand Utara. Sinergi antara hortikultura dan perikanan memberi keuntungan berlipat ganda bagi pelakunya.

Sistem yang dikembangkan bersama oleh peneliti dari Institute of Aquaculture, University of Striling di Inggris dan Asian Institute of Technology Klong Luang di Pathumthani, Thailand itu bertujuan meminimalis pemakaian pestisida yang berlebihan pada penanaman cabai.

Menurut Orawat Kiatichaiprasop, peneliti dari Asian Institute of Technology, sistem tersebut membuat pertanian aman bagi lingkungan. Nah, kolam yang semula dipakai sebagai sumber air disulap menjadi kontrol.

Berdasarkan siklus aliran pestisida, senyawa aktif pembasmi hama dan penyakit yang disemprot pada tanaman serta merta akan masuk ke kolam melalui tanah, hembusan angin, dan run off.

aquacultureBila kemudian dijumpai ikan mati, dapat disimpulkan pemakaian pestisida sudah jauh melampaui ambang batas aman. Cara tersebut memberi keuntungan ganda. Saat cabai siap dipetik, nila pun siap dipanen.

Modifikasi lainnya adalah memakai kanal sebagai kontrol. Kanal tersebut terlihat mengitari sisi dalam dan luar lahan. Keuntungan cara tersebut ikan yang ditebar dapat lebih padat.

Kolaborasi menguntungkan antara pertanian dan perikanan juga dikembangkan oleh World Fish Center di Penang Malaysia. Sistem yang disebut Integrated Agriculture-Aquaculture (IAA) tampak lebih rumit karena cakupan ekosistem yang disentuh lebih banyak. IAA juga memperhitungkan nilai sosial ekonomi yang akan dicapai.

Sebagai gambaran salah satu bagian dari IAA, kotoran unggas dapat dipakai sebagai sumber pupuk bagi sayuran dan penumbuh plankton di kolam ikan. Kolam ikan pun selain berfungsi sebagai tempat budidaya, dipakai pula untuk tempat menanam kangkung dan talas-talasan. Di bagian lain IAA, diterapkan pula sistem mina padi yang sudah banyak diaplikasi pekebun di tanahair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 1