Trombosit Melonjak Berkat Daun Ubi Jalar

daun-ubi-jalarBegitu mengetahui istrinya menderita demam berdarah dengue lantaran nilai trombositnya anjlok saat dibawa ke rumahsakit, Safri bergegas meminta iparnya segera mencari daun ubi jalar. Sang ipar memetik sekitar 25 daun dewasa belum tua, lantas merebusnya selama 15 menit memakai api kecil dengan air seukuran 1 botol minuman mineral.

Air rebusan itu yang kemudian Safri berikan kepada istri, Santi, sehari 2 kali, pada pagi dan malam hari. Walhasil dalam 2 hari trombosit Santi pun mencapai 236.000 dari sebelumnya 98.000 saat pertamakali masuk rumah sakit. Pada hari ke-3, Santi sudah diijinkan pulang oleh dokter karena trombositnya stabil di 240.000.

Khasiat daun ubi jalar untuk meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah sebetulnya sudah lama dipraktekkan. Warga Filipina, yang bekerja di daerah pertambangan, misalnya selalu meminum air rebusan ubi jalar untuk mengatasi serangan virus dengeue, penyebab demam berdarah. Virus dengue yang masuk ke tubuh akan menyerang monosit-salah satu tipe sel darah putih-yang berperan membangun kekebalan tubuh.

Jika jumlah trombosit berkurang, mudah terjadi pendarahan, bahkan kematian. Penderita pun mengalami renjatan alias syok. Syok akibat merosotnya jumlah trombosit itu perlu sesegera mungkin ditangani untuk menghindari kematian. Konsumsi garam isotonik atau larutan ringer asetat yang selama ini dilakukan hanya mengganti volume plasma yang hilang.

Banner-kapsul-bawang-dayakDaun ubi jalar memang berlimpah senyawa berguna. Hasil riset Dr Shahidul Islam, peneliti dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat, menunjukkan setiap 100 gram daun ubi jalar mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg besi, 3,5 mg karoten. Selain itu daun Ipomoea batatas itu juga mengandung 7,2 mg vitamin C, 1,6 mg vitamin E, dan 0,5 mg vitamin K, vitamin B, betakaroten, dan protein.

Belum lagi kandungan antosianin dan polifenol yang berguna sebagai antiperadangan dan antikanker. Kandungan polifenol dalam daun ubi jalar juga berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terdongkrak mampu melawan virus dengeu yang menyerang tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =