Kaum Pria Makanlah Tomat

Kabar gembira bagi kaum pria untuk mencegah datu mengobati kanker prostat. Makanlah jus atau tomat segar secara rutin. Itu karena tomat mengandung senyawa likopen.

Likopen merupakan provitamin A yang terbukti ampuh menekan risiko kanker. Penelitian di Harvard University, Massachuset, Amerika Serikat memperlihatkan dari 46 jenis buah, sayuran, serta beragam olahannya terlihat terdapat 4 produk yang secara signifikan menurunkan risiko kanker prostat, yakni tomat, saus tomat, jus tomat, dan saus pizza.

Riset oleh Omer Kucuk, MD, onkologis di Barbara Ann Karmanos Cancer Institute di Detroit, Amerika Serikat juga mempertegas hal tersebut. Riset itu melibatkan 30 pria penderita kanker prostat yang bersiap menjalani operasi kanker prostat. Tiga pekan sebelum operasi, para pria itu diberi asupan 15 mg kapsul likopen yang diperoleh dari ekstrak tomat murni sebanyak 2 kali per hari.

Hasil riset memperlihatkan kanker prostat itu tidak menyebar dan terjadi penurunan tingkat serum PSA (prostate spesific antigen), serum pendeteksi kanker prostat. Riset lain di University of Milan, Italia, yang menyebutkan konsumsi setidaknya satu jenis olahan tomat setiap hari memiliki peluang terjadi penurunan risiko terjangkit kanker 50% lebih rendah daripada yang tidak.

Penyerapan likopen oleh tubuh meningkat saat tomat diproses menjadi jus, saus, atau produk lain. Kadar likopen yang dapat diserap tubuh asal saus tomat, misalnya, 2 kali lebih banyak daripada konsumsi tomat segar (kadar likopen terbanyak berada pada tomat berwarna merah).

Riset di Universitas Toronto, Kanada pada 1997 memperlihatkan hal tersebut. Dari 19 responden (10 pria dan 9 wanita berumur 25-40 tahun) tergambar responden yang mengonsumsi 2 gelas jus tomat setiap hari memiliki kadar likopen di darah lebih tinggi daripada konsumsi segar.

  • Produk dan kadar likopen (mg/100 g): pasta tomat (42,2), saus spageti (21,9), sambal tomat (19,5), saus tomat (15,9), jus tomat (9,5), dan tomat segar (8,8).
  • Tingkat kematangan buah dan kadar likopen (ug/100 mg): tomat muda hijau (25), tomat matang hijau (10), tomat kekuningan (370), tomat merah (4.600), dan tomat merah sangat matang (7.050).

Olahan tomat

1. Sari tomat diperoleh dengan melakukan penyaringan tomat muda, matang atau yang telah dimasak sehingga ekstrak terpisah dari kulit dan biji.

2. Pasta tomat adalah sari tomat yang diuapkan dengan penambahan atau tidak garam serta rempah-rempah. Mengandung hingga 24% padatan tomat.

3. Puree tomat sama seperti pasta tomat, tetapi mengandung 8,5% padatan tomat.

4. Saus tomat merupakan bubur kental yang diperoleh dari pasta tomat yang diuapkan dengan penambahan bumbu untuk meningkatkan cita rasa seperti gula, garam, cuka, bawang merah, bawang putih, dan merica dengan total padatan tomat 30-40%.

5. Chilli sauce, yaitu produk yang dibuat dari potongan kupasan tomat matang yang ditambah antara lain lada, garam, gula, dan rempah-rempah.

6. Jus tomat merupakan tomat segar yang dihaluskan dan dicampur air dan atau tanpa gula.

5 Responses to Kaum Pria Makanlah Tomat

  1. sebagai tambahan, berhubungan intim secara rutin juga dapat mencegah prostat

  2. klo istri benar2 sayang sama suami, silahkan fakta ini mudah dan nikmat untuk dilaksanakan… yg perlu digarisawahi “secara rutin”. Sy ada contoh sodara dan teman yg sudah meninggal krn kasus prostat ternyata semasa hidupnya ‘sex story with him wife’ sangat kurang ideal.

  3. Terimakasih atas informasinya semoga berguna bagi yang lainnya. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 24 = 28