Kecapi Jumbo Dari Thailand

Seorang rekan lama bebeja.com yang berdomisili di Swedia senang bukan kepalang saat menjumpai buah kecapi di sebuah toko khusus menjual aneka produk asal Thailand di Stockholm. Buah kecapi tersebut unik karena berukuran jumbo, sampai 3 kali ukuran kecapi di tanahair.

“Saya kaget bisa ada kecapi sebesar ini,” ujar Katrun Danielsson. Katrun memang akrab dengan buah kecapi semasa masih menetap di Bogor, Jawa Barat. Katrun mengingat cara memakan buah tersebut dengan membanting ke lantai sampai pecah atau menjepitnya ke daun pintu.

Namun berbeda dengan kecapi jumbo, ia cukup dibelah kulitnya. Kulit buah tersebut bahkan masih bernilai sebagai salah satu bahan masakan Thailand, yakni som tam. Bila kulit dimakan segar, citarasanya mirip daging buah kecapi.

Meski berukuran jumbo, citarasa Sandoricum koetjape itu tetap manis dan menyegarkan khas buah kecapi. Di tanahair, bibit kecapi itu sudah dijual sebagai kecapi bangkok. Bibit kecapi jumbo yang ditanam sebagai tabulampot alias tanaman buah dalam pot dapat berbuah setelah 2-3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =