Kulit Buah Delima Bikin Langsing

Buah delima bagi Agatha mempunyai manfaat besar, terutama kulitnya. Perempuan 63 tahun itu mengolah kulit delima dengan cara mencacah 1/4 kulit, lalu merebus dalam 2 gelas air menjadi segelas air dan meminum untuk sekali konsumsi. “Sebuah delima, kulitnya dipakai untuk 4 kali konsumsi,” ujar Agatha yang mengonsumsi air rebusan kulit delima sepekan 2-3 kali setiap sore itu.

Kesibukannya sebagai konsultan kesehatan di Jakarta Utara dan usaha cateringnya, tidak membuat ibu 3 putri itu lelah berlebihan. Kuncinya: tubuh langsing. Bobot tubuh Agatha saat ini, 54-55 kg. Padahal, bobot tubuh perempuan sebayanya mencapai 65-70 kg. Sebagian tergolong kegemukan alias obesitas.

Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan energi yang relatif berlebih ataupun karena asupan lemak berlebihan. The World Health Organization (WHO) dan The US National Institut of Health (NIH) mendefinisikan kegemukan bila nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) seseorang berada di antara 25-29,9 kg/m2 atau berat badan lebih dari 20% berat badan normal.

Peran kulit delima sebagai pelangsing sudah diteliti. Riset Feli Rahayu, Idajani Hadinoto, dan Angelica Kresnamurti dari Jurusan Farmasi Universitas Katholik Widia Mandala, Surabaya, tertuang di Jurnal Obat Bahan Alam pada 2007, memperlihatkan ekstrak kulit delima masak berdaging buah putih kekuningan, mampu menurunkan nafsu makan tikus putih jantan galur wistar. Penurunan itu ditandai dengan menurunnya jumlah konsumsi pakan, berat badan, dan kadar leptin selama 14 hari uji.

Riset itu memperlihatkan, kelompok yang diberi ekstrak kulit delima 3 g/kg berat badan dengan konsentrasi 30% menurunkan jumlah konsumsi pakan tikus dari semula 7,94 gram menjadi 5,59 gram. Pengulangan 2 kali, memperlihatkan penurunan konsumsi pakan di atas 50%. Singkat kata, riset itu membuktikan tanin pada ekstrak kulit delima berperan baik mencegah kegemukan dengan mempengaruhi nafsu makan.

Bagaimana tanin bekerja? Tanin memperkecil pori-pori mukosa usus atau berperan sebagai astrigen sehingga mengurangi penyerapan makanan yang menyebabkan menurunnya jumlah kalori terserap. Sebab itu, tubuh terpaksa mengambil sumber kalori dari cadangan lemak. Itu alasan kulit buah delima bisa menurunkan berat badan.

8 Responses to Kulit Buah Delima Bikin Langsing

  1. avatar ani febriani

    bagaimana caranya? apakah kulit buah delima itu boleh langsung dimakan? atau harus di olah terlebih dahulu?

    • Pemanfaatan kulit delima dengan cara mencacah 1/4 kulit lalu direbus dalam 2 gelas air menjadi segelas air, dan diminum (untuk sekali konsumsi). Jadi 1 buah delima, kulitnya bisa dipakai untuk 4 kali konsumsi. Konsumsi air rebusan sepekan 2–3 kali setiap sore. salam bebeja

  2. saya coba cari jurnal penelitiannya, tapi kok ga ketemu ya?
    ada website yg memuat jurnal penelitiannya ga?

    • Riset yang diperoleh belum terpublikasi di jurnal. Anda dapat mendatangi perpustakaan Institusi asal peneliti atau masuk ke dalam website institusi yang bersangkutan untuk memperoleh bahan lebih lengkap. Salam bebeja

  3. avatar lidwina jurman

    Beberapa bulan ini mag saya bermasalah. Saya mempunyai tukak lambung, tapi belakangan kadang dada terasa sakit yang awalnya dirasakan dari lubang di antara 2 tulang di bawah dagu. Pertama saya pikir sakit jantung. Setelah mengecek ke dokter spesialis, ternyata bukan, tetapi terkena heart burn. Sewaktu saya baca artikel ini saya senang sekali karena sudah terlalu banyak obat mag yang saya minum. Apa rebusannya hanya kulit saja atau berikut bijinya? Terimkasih untuk sharingnya.

    • Yang dipakai hanya kulitnya saja. Untuk kasus Anda dapat dikombinasi dengan konsumsi cincau hijau yang sudah terbukti menjadi obat mag alami karena kemampuannya menurunkan kadar asam lambung. Artikel mengenai khasiat cincau hijau untuk mag dapat Anda baca di bebeja.com. Salam bebeja, semoga cepat sehat kembali

  4. Ada tidak yang menjual dalam kondisi kering?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *