Manajemen Pakan Ayam Elba

Ayam arab elba merupakan ayam petelur super dengan produktivitas telur sangat tinggi. Dari populasi 1.000 ayam elba yang berproduksi dapat diperoleh 800 telur/hari.

Produktivitas tinggi tersebut bisa diperoleh bila ayam elba dipelihara secara intensif di kandang semiintensif. Salah satu faktor penting dalam pemeliharaan ayam elba intensif tersebut adalah manajemen pakan.

Pakan perlu memiliki komposisi nutrisi yang dibutuhkan ayam untuk bertelur. Nutrisi terbaik bila pakan mengandung 17% protein dan energi 2.850 kkal/kg.

Syarat tersebut dapat terpenuhi dengan komposisi pakan terdiri atas campuran dedak, jagung, dan konsentrat (1:2:3). Komposisi itu bisa mempertahankan produktivitas telur ayam elba di atas 80-85% sampai ayam mencapai usia afkir.

Bagaimana bila tersedia hanya dedak dan konsentrat? Peternak tidak perlu risau. Yang perlu dilakukan adalah mengubah perbandingan pakan tersebut menjadi 3 bagian dedak dan 1 bagian konsentrat. Perbandingan itu sudah memenuhi syarat energi untuk ayam elba bertelur.

Namun bila pakan tersebut tidak mencapai syarat, yang terjadi adalah menurunnya produksi hingga 15-20%, atau bahkan bisa terjadi ayam mogok bertelur. Untuk memulihkan kondisi seperti sediakala tersebut (dengan memberikan pakan sesuai syarat, red) membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 minggu.

Hal lain yang perlu diketahui adalah ayam elba seperti ayam arab memiliki sifat mudah stres. Stres terhadap suara gaduh atau kehadiran orang asing di dekatnya. Untuk menjaga agar produktivitas ayam elba tetap tinggi, perlu diusahakan supaya ayam-ayam elba tersebut terhindar dari hal-hal pencetus stres.

Pada pemeliharaan intensif, kandang diberi pagar dan upayakan tidak sembarangan orang lalu lalang di sekitar kandang terutama pada saat ayam tengah berproduksi. Puncak produksi ayam elba ketika ayam berumur 2 tahun dan selanjutnya menurun. Di saat itulah peternak mesti bergegas untuk menyiapkan ayam elba pullet siap telur (umur 4 bulan) sebagai pengganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =