Menjodohkan Burung Lovebird

0
21
burung lovebird

Dalam penangkaran burung lovebird, induk menjadi kunci sukses. Induk burung lovebird paling bagus memiliki darah juara dan berumur 3-4 tahun. Induk juga perlu memiliki suara melengking panjang yang berirama dan kontinu, setidaknya di atas 45-50 detik.

Cara menjodohkan induk burung lovebird dengan memasukkan induk burung lovebird ke sangkar berbeda, lantas didekatkan. Bila induk burung itu berjodoh, setelah 1 minggu, kedua burung itu akan saling mendekatkan paruh. Selanjutnya, gabungkan kedua induk itu di satu kandang selama 2-3 hari. Pastikan kedua burung tersebut tidak saling menyerang.

Setelah benar-benar berjodoh, pindahkan induk burung ke kandang berukuran 60 cm x 40 cm x 40 cm yang mempunyai tempat bertengger. Di pojok kiri atau kanan kandang, buatkan sarang dari kotak kayu berukuran 15 cm x 15 cm. Kotak kayu berguna saat induk betina bertelur dan mengeram.

Selama penjodohan tersebut, beri burung lovebird pakan yang terdiri dari campuran setengah gelas milet putih dan masing-masing 2 gelas beras merah dan biji bunga matahari. Pastikan air minum selalu tersedia. Pada air minum, berikan tambahan vitamin untuk meningkatkan birahi kedua induk tersebut. Vitamin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Biasanya, setelah 1-1,5 minggu, kedua induk memperlihatkan tanda berahi, yakni induk jantan berusaha mendekat pada induk betina untuk mencumbu. Saat tanda birahi itu terlihat, usahakan kondisi lingkungan di kandang tenang agar induk betina nyaman untuk bertelur. Suasana bising dapat memicu burung stres. Setelah perkawinan, berselang seminggu, induk betina bertelur 4-6 butir. Induk betina mengerami telur selama 21 hari.

Saat telur menetas, biarkan induk betina melolohkan pakan pada piyik. Supaya stamina induk prima saat menyapih serta piyik mendapat pakan sehat, beri induk pakan campuran jagung manis, milet, biji bunga matahari, dan biji kenari. Biji-bijian dapat memenuhi kebutuhan vitamin, protein, karbohidrat, menjaga suhu tubuh serta memperlancar metabolisme. Pada umur 2 bulan, piyik telah tumbuh sempurna dengan bulu lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here