Merakit Hidroponik Di Botol

hidroponik-botol

Selamat berjumpa lagi Adik-adik. Kakak Bebeja kali ini ingin mengajak Adik-adik membuat hidroponik di botol. Pertama-tama siapkan botol plastik minuman berukuran 1 liter. Selanjutnya mintalah tolong kepada Ayah atau Ibu kalian untuk memotong botol tersebut menjadi dua bagian sama besar.

Setelah botol plastik terbelah dua, ambilah kapas secukupnya dan sumpal kapas tersebut pada mulut botol (Kakak Bebeja sebut sebagai botol pertama dan sisanya sebagai botol kedua).

Kapas tadi berguna untuk menyerap air yang dibutuhkan tanaman melalui media tanam yang nanti Adik-adik masukkan ke dalam botol pertama.

Media tanam yang dipakai sebaiknya kompos. Adik-adik bisa membelinya di penyedia tanaman. Harganya murah kok sekitar Rp10.000-Rp15.000. Bila media tanam sudah tersedia, masukkan media tanam tersebut secara hati-hati ke dalam botol pertama, tapi jangan sampai penuh ya.

Botol kedua? Adik-adik dapat memasukkan air ke dalamnya. Tidak perlu banyak cukup sampai seperempat tinggi botol. Jangan lupa memasukkan botol pertama ke dalam botol kedua ya. Bila sudah siap, Adik-adik dapat memasukkan beragam benih sayuran seperti cabai atau lainnya.

Untuk satu botol hidroponik cukup dipelihara satu tanaman saja supaya tidak terjadi kompetisi makanan. Setelah selesai ditanam, Adik-adik dapat menaruh botol hidroponik tersebut di tempat sejuk seperti di teras rumah atau di halaman belakang.

Adik-adik tidak perlu menyiram loh karena media tetap akan basah berkat kapas yang menghisap air. Yang perlu Adik-adik perhatikan adalah jangan sampai air di dalam botol kedua habis. Selamat mencoba!

16 Responses to Merakit Hidroponik Di Botol

  1. avatar Megawati Mustafa

    Berapa lama tanaman di botol harus digunakan dan setelah besar, apakah harus dipindahkan ke media yang lebih besar semacam pot?

    Terima kasih dan salam.

    • Tanaman tidak perlu dipindah hingga panen karena jenis yang ditanam adalah sayuran berumur pendek antara 21-25 hari panen. Setelah dipanen, media diganti dan siap ditanam kembali. Salam bebeja

  2. tanaman apa sajakah yg berumur pendek? maaf pemula 🙂

    • Tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, caisim, dan selada umumnya berumur panen pendek sekitar 25-30 hari. Salam bebeja

  3. Bagaimana dengan tanaman bunga? seperti tanaman bunga merambat yang hanya menitipkan akar serabut dan menjalar kian kemari. Apakah wadah seperti itu cukup untuk menampung dalam waktu lama?

    • Tanaman bunga merambat dapat dipelihara dengan sistem tersebut dalam waktu cukup lama selama akar utama mendapat pasokan nutrisi dari larutan di wadah. Salam bebeja

  4. Apakah di dalam larutan air harus ditambahkan cairan tertentu, atau hanya kompos saja?

    • Air yang dipakai cukup air biasa. Namun bila mencampurnya dengan larutan pupuk tidak masalah. Media tanam berupa kompos sesungguhnya sudah cukup menyediakan nutrisi bagi tanaman umur panennya pendek tersebut. Salam bebeja

  5. Kalau tanaman seperti tomat dan cabai bisa berapa lama masa tumbuhnya?
    Terimakasih.

  6. Media tanam (kompos) setelah panen harus diganti ya? Jadi apa setiap mau tanam lagi harus beli kompos lagi? Thanks

    • Sebaiknya media tanam diganti baru seusai panen karena nutrisi dan unsur haranya sudah berkurang. Salam bebeja.

  7. Di mana bila ingin mendapatkan bibit hidroponik? Apakah bebeja menyediakannya? Terimakasih.

  8. Apakah bisa kapas diganti dengan kain flanel sebagai perantara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

45 − 43 =