Minyak Perawan Sumber Daya Tahan Tubuh

Kelapa yang dipakai membuat minyak perawan alias Virgin Coconut Oil (VCO) yang berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh tidak boleh sembarangan memakai kelapa. Bila dipakai bukan kelapa dalam alias kelapa genjah, kadar minyaknya rendah.

Kelapa dalam mempunyai kadar minyak paling tinggi dibanding jenis lain, apalagi yang ditanam di tepi pantai yang sebarannya luas sehingga mudah diperoleh. Sebanyak 90-95% kelapa di Indonesia adalah kultivar kelapa dalam.

Oleh karena itu, para pengolah VCO biasanya menggunakan kelapa di daerah tepi pantai seperti Lampung, Sulawesi, Jambi, dan Bengkulu. Di sana kelapa tumbuh subur. Kadar minyak yang diperoleh pun lebih tinggi lantaran suhu 27-28 derajat Celcius optimal untuk pertumbuhan. Suhu tinggi sangat cocok untuk mempercepat proses metabolisme tanaman. Apalagi curah hujan tinggi 1.400-2.500 mm/tahun sehingga ketersediaan air terjamin.

Kelapa dalam cocok sebagai bahan baku VCO lantaran ukuran buah besar dan umur ekonomi panjang. Artinya, kelapa dalam menghasilkan daging buah lebih tebal sekitar 35% dari total bagian buah dibanding kelapa genjah. Walaupun umur mulai berbuah 7-15 tahun, tetapi populasi per ha bisa mencapai 130 pohon dengan jarak tanam 9 m x 9 m. Secara genetik kelapa dalam memang menghasilkan minyak lebih tinggi.

Jadi wajar bila jenis kelapa dalam dipilih untuk VCO. Selain kadar minyak tinggi, kandungan asam laurat kelapa dalam lebih tinggi dibanding kelapa genjah. Asam laurat kelapa dalam mencapai 45%. semakin tinggi asam laurat, kemampuan minyak perawan sebagai antibodi dan antiparasit di dalam tubuh semakin tinggi.

Tak ada yang menyangkal bila Cocos nucifera tersebar luas. Daya adaptasi lingkungan yang tinggi memungkinkan ia tumbuh di mana saja. Secara genetis, kerabat pinang-pinangan itu mulai membentuk minyak pada umur 6 bulan setelah penyerbukan.

Kadar minyak maksimal pada umur 12 bulan setelah bunga betina dibuahi. Itulah saat yang tepat untuk memanen. Bila masa panen lewat secara otomatis kadar minyak menurun. Daging buah menjadi benyek dan berbau tengik. Sebab VCO terkait dengan kandungan asam laurat dan kapriat tinggi, dianjurkan buah berasal dari pohon tua. Pada umur 12 tahun ke atas, pohon kelapa telah matang fisiologis. Kandungan asam laurat pun tinggi dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − = 45