5 Manfaat Top Bekatul

Mengapa perlu konsumsi makanan berserat? Fungsi serat untuk mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar. Fungsi tersebut belakangan jauh lebih bermanfaat lagi, yakni mencegah kanker usus besar dan luka serta benjolan dalam usus besar atau diverticulitis, dan menurunkan kadar kolesterol darah atau hiperchlolesterolemia.

Sejatinya serat makanan merupakan bagian makanan yang tidak dapat dicerna oleh enzim di tubuh, sehingga tidak menghasilkan energi atau kalori. Serat makanan tersebut termasuk golongan karbohidrat yang terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin dan gum. Selulosa dan hemiselulosa antara lain terdapat pada bekatul.

Saat mengonsumsi sedikit makanan berserat, feses yang terbentuk di usus ukurannya kecil dan berteksur keras. Bentuk feses tersebut menyebabkan konsentrasi zat karsinogenik yang mungkin ada di dalamnya menjadi pekat yang dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker. Serat makanan seperti dijumpai pada bekatul mempunyai daya serap air tinggi.

Hadirnya serat membuat feses dapat menyerap banyak air sehingga volume menjadi besar dan tekstur feses jadi lunak. Volume feses yang besar mempercepat konstraksi usus sehingga proses pembuangan kotoran di usus berjalan lebih cepat. Kelebihan lain, senyawa karsinogen pekat yang mungkin terkandung di dalamnya menurun konsentrasinya sehingga meminimalisir pembentukan sel-sel kanker.

Berikut manfaat bekatul: mencegah sembelit, memperlancar buang air besar, menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah kanker usus besar, dan mencegah luka serta benjolan di usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3