Daun Alpukat Obat Darah Tinggi

Daun alpukat sejak lama diyakini berkhasiat membantu mengatasi penyakit kencing batu, menstruasi tidak teratur, sakit kepala, nyeri syaraf dan lambung, pembengkakan saluran napas (bronchial swellings), hingga penyakit tekanan tinggi alias hipertensi.

Terutama hipertensi, merupakan penyakit penting di masyarakat dan menjadi penyebab utama kematian kardiovaskular di berbagai komunitas di seluruh dunia.

Sejatinya terdapat lebih dari 33 tanaman obat berkhasiat menurunkan hipertensi, salah satunya daun alpukat. Penelitian Azizahwati dan kawan dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia memperlihatkan daun Persea americana bersifat obat antihipertensi. Bagi penderita hipertensi, kegemukan merupakan ciri khas. Daya pompa jantung dan sirkulasi volume darah penderita obesitas dengan hipertensi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penderita berbobot badan normal.

banner-daun-alpukatSelain berguna sebagai obat hipertensi, daun alpukat manjur sebagai obat antihiperlipidemia. Hiperlipidemia merupakan kondisi tinginya kandungan lemak atau kolesterol dalam darah. Bagi penderita hiperlipidemia, pola makan berlemak menjadi penyebab utama. Hal itu kian parah dengan gaya hidup minim olahraga.

Hiperlipidemia merupakan salah satu pemicu serangan jantung akibat kolesterol dalam darah mengendap sebagai plak di dinding pembuluh darah, kemudian luruh lantas menyumbat pembuluh darah. Hipertensi dan hiperlipidemia menjadi penyebab kematian paling tinggi saat ini.

Share and Enjoy

10 Responses to Daun Alpukat Obat Darah Tinggi

  1. Kalau buahnya, misal dijadikan jus alpukat, kira-kira manfaatnya bagi kesehatan sama ga ya?

  2. Yang dipaparkan kok hanya khaiatnyta saja,.. yng terpenting justru bagaimana cara mmproses daun alpokat itu sehingga bisa dikonsumsi utk obat bagi yang menderita darah tinggi atao batu ginjal….jangan hanya dipaparkan tinjauan ilmiahnya saja,….caranya bagimana….

    • Secara umum pemakaian simplisia–bagian tanaman yang dikeringkan dan digunakan sebagai obat–sama untuk herbal. Anda bisa memproses sendiri dengan cara merebus 7 lembar daun alpukat tidak terlalu tua ditandai dengan warna daun mengkilap hijau agak tua memakai 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan tersebut diminum 2 kali sehari. Dosis berlebihan ditandai bila Anda mencret. Kurangi dosis perebusan daun alpukat menjadi 3–4 lembar. Bila darah tinggi sudah turun sebgaia tindakan preventif, konsumsi harian tetap dilakukan dengan mengurangi dosis menjadi 3–4 lembar dan interval jarak konsumsi 2 hari sekali. Bila Anda tidak mau repot, saat ini tersedia kapsul daun alpukat dengan efek serupa. Salam bebeja

  3. kapsulnya bisa didapatkan dimana? ada merk dagang mungkin.

    • Kami menjualnya secara online. Untuk lebih lengkap silakan baca di kanal produk istimewa kami. Salam bebeja

  4. Wah kebetulan di halaman ada pohon alpukat dan ayah saya kena hipertensi. Terimakasih informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 + = 85

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>