Wortel Rebus Bersihkan Paru-Paru

wortelKhasiat wortel Daucus carota semakin tersibak. Selain meningkatkan ketajaman mata, wortel juga dapat membersihkan paru-paru bagi warga di perkotaan yang penuh polusi udara dari asap kendaraan dan industri seperti Jakarta. Sebab, asap dan polusi tersebut dengan mudah merusak sistem pernapasan dan paru-paru yang ujung-ujungnya memicu kanker.

Mengapa wortel? Di dalam wortel ternyata terdapat senyawa falcarinol yang terbukti efektif melindungi paru-paru dari berbagai polutan pemicu kanker. Dr Kirsten Brandt dari University of Newcastle, Amerika Serikat meneliti 24 tikus pengidap tumor pra-kanker selama 18 pekan. Dalam penelitian itu senyawa falcarinol terbukti mengurangi 30% risiko perkembangan kanker dibandingkan tikus yang mendapatkan pakan biasa. Dalam jumlah tertentu falcarinol merangsang mekanisme tubuh untuk melawan kanker.

Namun jangan salah, konsumsi wortel yang terbaik justru yang sudah dimasak seperti direbus. Wortel rebus ditambah sejumlah minyak seperti zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan 30% dibandingkan wortel mentah. Penyebabnya, betakaroten wortel terikat dalam serat, sehingga sulit diekstraksi tubuh. Pemasakan dalam waktu cepat, melepaskan betakaroten dari serat sehingga tubuh pun mudah menyerapnya.

Hal itu sejalan riset Profesor Luke Howard dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat. Ia mengukur kadar antioksidan wortel segar dan wortel rebus tanpa kulit selama empat minggu. Hasilnya, wortel kukus mengandung antioksidan 34,3% lebih tinggi dibanding wortel segar. Jumlah itu terus meningkat satu minggu kemudian. Setelah itu kadar antioksidan turun, tapi tetap lebih tinggi dibanding antioksidan wortel mentah. Jadi, sayuran seperti wortel dalam kondisi segar tak selalu lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 79 = 82