Buah Kesemek Disambung Saja

Buah kesemek Diospyiros hasseltii selama ini diperbanyak memakai tunas atau biji. Namun dengan kedua cara itu membuat waktu berbuah kesemek lama, mencapai 7-10 tahun.

Untuk mempersingkat waktu, lakukan perbanyakan dengan cara menyambung atau enten. Batang bawahnya bisa memakai pohon bisbul dan sawo hitam, tapi yang terbaik menggunakan sesama pohon kesemek, yakni kesemek hutan atau kesemek kaki.

Bibit tanaman sambungan dipelihara memakai media tanam yang terdiri atas tanah dan pasir (1:1). Pindahkan ke lahan setelah 2 tahun. Agar tanaman cepat berbuah, lakukan pemangkasan rutin. Pemangkasan dilakukan pada saat pohon mencapai tinggi 1-1,5 meter.

Bagian yang dipangkas adalah batang atas sepanjang 30 cm. Berikutnya tanaman akan terhambat pertumbuhan vegetatif sehingga tanaman tumbuh pendek. Gunakan perangsang tumbuh paklobutrazol sebanyak 300 mg yang dilarutkan dalam 1 liter air. Siram pada tanah di sekitar tanaman sebanyak 200-500 cc atau setara 1-2 ukuran gelas minuman mineral. Dengan serangkaian cara tersebut pohon kesemek bisa dipanen dalam waktu 4-5 tahun sejak ditanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

66 + = 70