Tanaman Obat Pohon Kersen

0
15
pohon kersen

Pohon kersen Muntingia calabura lebih sering dijumpai sebagai tanaman peneduh di jalan-jalan. Meski demikian, beragam pengalaman empiris dan riset memperlihatkan bila anggota famili Elaeocarpaceae tersebut mempunyai manfaat sebagai tanaman obat. Contoh, buah kersen ternyata manjur sebagai obat penyakit asam urat.

Bagian paling bermanfaat dari pohon kersen itu adalah daun kersen. Riset memperlihatkan daun kersen mampu meluruhkan batu ginjal karena kandungan senyawa flavonoid. Senyawa tersebut bekerja menghambat reabsorpsi ion natrium, kalium, dan kalsium. Seluruhnya merupakan pemicu pembentukan batu ginjal.

Dengan menghambat reabsorpsi itu menyebabkan terjadinya peningkatan elektrolit di tubulus dan menyebabkan diuretik alias berkemih. Efek itu mirip obat kimia diuretik furosemid dengan meningkatkan volume urine serta ekskresi natrium dan kalium.

Daun pohon kersen adalah membantu mengatasi aneka penyakit seperti kencing manis serta kolesterol. Cara konsumsinya dengan merebus 10-15 daun dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas dan dikonsumsi sekali sehari.

Daun kersen juga diketahui bersifat antiseptik sehingga dapat mengatasi beragam bakteri pathogen bila populasinya berlebihan seperti Staphylococcus aureus dan Proteus vulgaris. Rebusan daun kersen juga diketahui bermanfaat untuk mengatasi radang serta menurunkan panas akibat demam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here