Berkebun Sayuran di atas Batang Pisang

bertanam-batang-pisangBatang pisang bisa menggantikan bambu dan talang air untuk berkebun sayuran. Bahkan batang pisang memiliki kelebihan yakni banyak mengandung pati sebagai sumber nutrisi tanaman dan mikroorganisme di dalam batang pisang bisa menjadikan media tanam yang ditaruh pada saat menanam lama-kelamaan menjadi kompos. Batang pisang juga memiliki senyawa penting seperti antrakuinon, saponin, dan flavanoid. Nah, pada manusia antrakuinon bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Peran senyawa itu pada tanaman juga bisa menyuburkan pertumbuhan bulu-bulu akar yang berguna membantu tanaman menyerap unsur-unsur hara.

Pemakaian batang pisang untuk berkebun sayuran cukup mudah. Buatlah penyangga dari kayu untuk menahan batang pisang yang akan diletakkan secara horizontal. Berikutnya lubangi batang pisang seukuran gelas minuman mineral dengan lebar sekitar 15 cm dan dalam 10 cm dengan memakai pisau. Jarak antarlubang antara 15–20 cm. Sebatang pisang dapat dibuat 2 lajur lubang. Setelah lubang jadi masukkan media tanam berupa tanah atau sampah organik ke dalam lubang tanam tersebut. Diamkan terlebih dahulu selama 2–3 hari untuk kemudian baru ditanam benih sayuran sesuai kehendak Anda. Perawatan tanaman yang dilakukan sama seperti berkebun memakai bambu atau talang. Sebuah batang pisang bisa dipakai 2–3 kali tanam, tergantung kepada kondisi batang.

Segera Like Official Fanpage Kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan inovatif seputar hortikultura serta peluang usaha agribisnis lainnya.

Share and Enjoy

15 Responses to Berkebun Sayuran di atas Batang Pisang

  1. MEnarik sekali, terimakasih.Ada beberapa pertanyaan yang muncul nih,mohon berkenan untuk berbagi lebih bayak tentang bertanam dengan media pohon pisang.
    Apakah pohon pisangnya harus sehat? Apakah pohon yang sdh kena virus masih digunakan untuk bertanam ? Terimakasih

    • pohon pisang yang dipakai adalah pohon pisang yang tandan buahnya selesai dipanen. Pisang yang sakit sebaiknya tidak digunakan. salam bebeja

  2. boleh juga tuk di coba nih …

  3. apa di tambah tanah juga di lubang2nya? trims

  4. Apakah dibagian bawah lubang yang digunakan untuk ‘pot’ itu diberi lubang kecil ga? biasanya kan pot2 plastik itu dibawahnya ada lubangnya buat mengalirkan air yang terlalu banyak??

    • Batang pisang sudah bersifat porous karena memiliki banyak pori-pori. Jadi tidak perlu lagi membuat lubang seperti pada pot plastik. Salam bebeja

  5. pak mau tanya
    itu sistem pengairannya bagaimana ya? model disiram atau bagaimana?
    terima kasih

  6. apakah sudah ada penelitian yang mengangkat tema ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>