Kreasi Hidroponik Botol 1 liter

Hidroponik 3 tingkat itu terlihat menarik. Sejumlah tanaman sawi yang ditanam memakai net pot tampak segar serta menyesaki hidroponik tersebut. Yang menarik talang hidroponik untuk menanam Brassica juncea itu, menggunakan sederet botol minuman kemasan 1 liter. Itu yang disaksikan pada Agrinex 2017 di Jakarta Convention Center pada awal April 2107.

Botol minuman bercat hijau itu saling terhubung. Sistem hidroponik yang dipakai adalah NFT modifikasi. Harap mafhum, bila mengacu pada sistem NFT sesungguhnya, aliran nutrisi NFT sangat tipis seperti film, sekitar 2-3 mm. Namun pada hidroponik NFT modifikasi itu, film tersebut itu bisa mencapai tinggi 2 cm, sejajar posisi mulut botol.

Dengan kondisi tersebut sebagian nutrisi bakal tergenang di bawah posisi mulut botol. Walhasil akar tanaman sawi dalam net pot terendam sebagian sehingga mirip hidroponik sistem sumbu. Meski demikian nutrisi yang tergenang itu, tetap dapat mengalir ke penampungan saat aliran nutrisi pada sistem bekerja karena mendapat dorongan debit nutrisi dari botol lain yang saling terhubung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 5