Manfaat Kesehatan Biji Alpukat

0
30
biji alpukat

Khasiat biji alpukat untuk kesehatan sudah diteliti, antara lain sebagai antidiabetes serta melindungi hati. Riset Ade Zuhrotun dari Fakultas Farmasi Univesitas Padjadjaran pada 2007 (tidak dipublikasi) mengungkapkan, aneka senyawa pada biji Persea americana tersebut seperti polifenol, tanin, flavonoid, triterpenoid, kuinon, monoterpenoid, dan seskuiterpenoid bersifat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah).

Riset memakai ekstrak etanol biji alpukat pada hewan uji, tikus putih itu memperlihatkan persentase variasi penurunan kadar gula darah sebesar 22-40% tergantung dosis.

Penelitian lain terkait manfaat melindungi hati dilakukan oleh Phebe Hendra dari Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta. Penelitian itu memperlihatkan biji alpukat yang diberikan pada hewan uji tikus putih mampu menurunkan nilai aktivitas alanine transaminase dan aspartat transaminase. Kedua enzim itu jumlahnya meningkat saat terjadi kerusakan hati.

Biji alpukat juga diresepkan herbalis sejak lama untuk membantu mengobati sirosis hati dengan cara mengonsumsi air seduhan serbuk biji alpukat itu. Sekitar 1 sendok makan serbuk dicampurkan dengan segelas air panas untuk setiap kali konsumsi. Konsumsi untuk pengobatan hati dilakukan 2 kali sehari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here