Perangkat Pintar Popok Bayi

Bagi ibu muda seperti Dewi Putri di Bandung, Jawa Barat, mengganti popok bayi hal biasa. Namun acapkali perempuan 29 tahun itu baru mengganti popok buah hatinya, Ridwan Alamsyah yang berumur 7 bulan saat sang anak mulai terlihat tak nyaman, bahkan menangis. “Ini tanda popok perlu diganti,” ujarnya. Kebiasaan itu lama-kelamaan seringkali memicu ruam kemerahan dan iritasi pada selangkang Ridwan.

Ruam tersebut muncul karena urine yang lama menetap dapat merubah pH kulit anak yang dapat merangsang bakteri dan cendawan tumbuh. Berangkat dari kondisi tersebut, sebuah perusahaan software asal Taiwan merilis Opro9 Smart Diaper, perangkat pintar yang bisa mendeteksi kapan popok perlu segera diganti.

Perangkat yang ditempelkan pada popok itu secara otomatis mencatat waktu dan frekuensi saat popok perlu diganti. Yang istimewa perangkat tersebut tersambung dengan gadget secara wireless sehingga sang ibu mudah mengontrolnya saat sang bayi mulai berkemih hingga popok perlu segera diganti.

Perangkat yang memakai silikon bebas racun itu bahkan bisa menggunakan urine bayi sebagai sumber energi. Riset ini dilakukan oleh peneliti dari Universitas Ritsumeikan di Jepang yang mampu membuat popok cerdas yang dapat menghasilkan listrik dari urine. Itu tak lepas dari fakta bila urine mengandung elektrolit.

Jadi? Tak perlu gusar sinyal lemah karena baterai drop. Selama masih terdapat urine, ia akan mengubahnya menjadi energi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =