Produksi Minyak Bawang Merah

0
18
minyak bawang merah

Sulitkah memproduksi minyak bawang merah (Allium cepa) sendiri? Tidak jawabnya. Itu dibuktikan oleh Evy di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ibu rumahtangga 32 tahun tersebut memproduksi minyak bawang merah dengan mengolah 1 kg bawang merah bersama 3 liter minyak nabati. “Minyak bawang merah tahan simpan sampai 5-6 bulan,” ujar ibu 1 anak itu.

Evy menuturkan setelah mengupas bawang merah dan merajang tipis, ia memanaskan 3 liter minyak nabati itu memakai wadah panci di kompor. Api kompor dipilih paling kecil selama 10-15 menit. “Minyak itu tidak boleh sampai mendidih,” ujarnya. Setelah api dimatikan, Evy lantas mencampurkan bawang merah ke dalam minyak, serta merendam selama 3-4 jam.

Aroma khas bawang merah menguar tajam bila perendaman hingga 12 jam. “Bau bawang merah lebih mantap,” kata Evy. Berikutnya sehabis perendaman, minyak kekuningan tersebut lantas disaring serta ditaruh di botol, siap dipakai. Menurut Evy, selama perendaman minyak bawang merah yang dipakai sebagai bumbu itu harus terbebas dari tetesan air yang memicu minyak tengik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here